Rabu, 03 Oktober 2018

Ada 5 Cara Menulis Artikel Persuasif

Ada 5 Cara Menulis Artikel Persuasif 

Persuasif atau persuasi ialah sebuah wujud komunikasi yang bertujuan untuk mengajak, ataupun mempengaruhi pembaca maupun pendengar untuk melakukan hal yang di inginkan oleh si penulis persuasif tersebut 5 cara membuat artikel jadi lebih baik dan berkualitas. Biasanya ia akan memasukan data, informasi dan buah pikirannya untuk menolong postingan atau alasan pada karyanya tersebut. 


Didalam kamus bahasa indonesia, persuasif berarti membujuk secara halus supaya jadi yakin. Selain itu, persuasi artinya ajakan kepada seseorang dengan cara beri tambahan alasan yang logis dan baik supaya dapat menyakinkannya Bahkan penulisan atau tehnik persuasif ini sudah melebuh didalam kehidupan kita sehari-hari loh, Contohnya didalam iklan. Iklan di televisi, koran, di baliho jalan
masuk kedalam alam bawah paham kita. 

Tanpa kami sadari kami belanja suatu produk dikarenakan produk selanjutnya ditayangkan oleh televisi melalui iklan jasa menulis artikel. Selain itu propaganda, yang kebanyakan dilakukan oleh organisasi, seseorang yang berpengaruh, lembaga dan sebagainya. Contohnya sedang ramai (hashtag) #pilihpresiden atau #gantimasyarakat dan sebagainya. Ada pula kampanye, selebaran dan sebagainya. Ternyata jenis-jenis persuasif selanjutnya sudah kami temui sehari hari ya!

Lalu, bagaimana cara supaya dapat menulis artikel yang berwujud persuasif? Berikut 5 tips cara menulis artikel berwujud persuasif

1. Tentukan topik atau tujuan
Sebelumnya penulis harus menentukan topik dan target dari menulis artikel tersebut. Hal ini dapat datang dari kekhawatiran atau permintaan penulis yang inginkan dicapai. Contohnya penulis benci dengan seorang perokok yang merokok seenaknya diruang publik dikarenakan menganggu orang lain dan kesehatannya. Sehingga si penulis mencoba untuk menulis artikel tentang bahaya dan efek negatif dari merokok dan perokok pasif. Dengan cara tersebut diharapkan si perokok dapat berhenti dari tradisi merokoknya.

2. Sering baca postingan maupun artikel yang berwujud persuasif Penulis harus sering membaca type artikel persuasif supaya kemampuan menulisnya jadi terasah. Selain itu dengan banyak membaca, inspirasi dan gaya postingan dapat terbentuk supaya terdapatnya karakteristik didalam menulis suatu artikel. Membaca juga dapat menolong penulis untuk menemukan ide. Selain itu membaca juga memperkaya informasi, melatih kemampuan menulis dan memperkaya kosa kata penulis. Masa iya penulis tapi jarang baca, inspirasi menulisnya patut dipertanyakan tuh.

3. Kenali sifat dan gaya menulis
Poin ini masih berkenaan dengan poin diatas, dikarenakan artikel persuasif ini bersifat mengajak pembaca untuk lakukan atau setidaknya paham isi pikiran dari penulis. Oleh dikarenakan itu penulis diharuskan untuk mengenali letak dan gaya menulis yang baik didalam artikel persuasif. Sehingga pembaca pun dapat mengikuti apa yang penulis inginkan.

4. Dibutuhkan rasionalisasi dan sugesti
Dalam menulis artikel kami akan mengajak pembaca untuk mengikuti arahan penulis. Untuk mengajak pembaca, dibutuhkan cara atau strategi karena pembaca tidak serta-merta rela mengikuti begitu saja. Diperlukan alasan yang kuat, seperti logis (rasional) dan sugesti. Rasional adalah penggunaan akal sehat untuk beri tambahan basic pembenaraan dalam persoalan. 

Berfungsi untuk memudahkan penulis untuk memberikan pembenaran, keputusan, sikap dan tindakan. Sugesti sendiri adalah wujud usaha untuk membujuk ataupun mempengaruhi pembaca supaya terima alasan penulis dengan menggunakan rangkaian kata-kata yang menyakinkan, menarik dan diulang-ulang seperti pesulap menghipnotis audiensnya.

5. Gunakan pendekatan emotif, atau rasional didalam menulis Pendekatan emotif, merupakan pendekatan yang bertujuan untuk membangkitkan maupun merangsang emosi pembaca. Contohnya penulis ingin membangkitkan generasi muda untuk gemar membaca, dengan cara menceritakan efek jika miskin didalam ilmu ilmu dikarekan malas membaca. Dampak dari malas membaca adalah sumber kebodohan.

Orang bodoh ringan ditipu dan tidak akan meraih pekerjaan. Tidak dapat pekerjaan artinya tidak miliki penghasilan. Tidak ada penghasilan hidup sengsara. Jadi jika tidak puas membaca, hidupnya dapat sengsara, kira-kira seperti itu. Sedangkan pendekatan rasional, yaitu wujud pendekatan yang didalam tulisan berisi tentang fakta (sesuai perihal asli) untuk menyakinkan pembaca. 

Contohnya, pembabatan hutan secara pandang bulu menyebabkan tanah longsor dan banjir. Itulah alasan mengapa beberapa daerah di kota Bogor mengalami longsor dan banjir kala musim hujan. Itulah 5 tips cara menulis artikel persuasif untuk para writers, great works comes by practice. Selamat menulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar